Pengertian Sistem Transportasi Cerdas
Sistem
Transportasi Cerdas (Intelligent Transport System) adalah aplikasi
canggih yang bertujuan untuk menyediakan layanan inovatif berkaitan dengan
berbagai mode transportasi dan manajemen lalu lintas sehingga memungkinkan
pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih baik, lebih aman, lebih
terkoordinasi, dan “pintar” dalam memilih jaringan transportasi.
Berbagai
jenis teknologi digunakan untuk menciptakan sistem transportasi cerdas ini,
antara lain : komunikasi nirkabel, teknologi komputasi, floating car data/floating cellular data, sensing technology, inductive loop
detection, video vehicle detection, Bluetooth detection.
Aplikasi Sistem Transportasi Cerdas
Emergency vehicle notification systems
e-Call
di dalam kendaraan adalah panggilan darurat yang dihasilkan secara manual oleh
penghuni kendaraan atau secara otomatis melalui aktivasi di dalam sensor
kendaraan setelah terjadi kecelakaan. Ketika diaktifkan, perangkat e-Call
di dalam kendaraan akan melakukan panggilan darurat membawa suara dan data
secara langsung call center panggilan darurat terdekat (112). Panggilan
suara memungkinkan penghuni kendaraan untuk berkomunikasi dengan operator
e-Call terlatih. Pada saat yang sama, satu set minimal data akan dikirim ke
operator e-Call menerima panggilan suara.
Automatic road enforcement
Automatic road enforcement merupakan penegakan aturan lalu lintas
menggunakan sistem kamera. Sistem ini terdiri dari kamera dan perangkat monitor
pemantau kendaraan. Kamera digunakan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi
kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas misalnya melewati batas kecepatan
maksimum dan penerobosan lampu merah misalnya, maka pelanggar akan
mendapatkan tiket pelanggaran dengan melalukan identifikasi plat nomer
pelanggar. Bukti ini kemudian akan dikirim ke alamat pelanggar untuk dimintai
denda terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukannya.
Variable speed limits
Baru-baru
ini beberapa beberapa negara mencoba memberikan batasa kecepatan yang di
tetapkan berubah karena kemacetan jalan dan faktor lainnya. Biasanya batas
kecepatan tersebut hanya berubah secara menurun selama kondisi macet. Namun
tidak dibarengi dengan peningkatan kecepatan disaat lengang. Dengan memberikan
batas kecepatan yang bervariasi dan bergantung pada kondisi jalan hasil awal
percobaan ini menunjukkan penghematan waktu perjalanan, lalu lintas yang
lancar, dan penurunan jumlah kecelakaan, sehingga pelaksanaannya dibuat
permanen pada tahun 1997 di Inggris.
Dynamic Traffic Light Sequence
Lampu
lalu lintas dimasa yang akan datang akan disesuaiakan dengan padatnya kendaraan
yang mengantri. Dengan menerapkan sistem control RFID lama menyala lampy
merah dan hijau dapat disesuikan dengan keadaaan. Jika arus lalu lintas padat
maka lama menyala lampu merah pun akan berkurang demikian sebaliknya lampu
hijau, sehingga penyetelan lama nyala lampu merah tidak permanen, namun
bersifat dinamis menyesuaiakan kepadatan kendaraan.
Mencoba model Sistem Transportasi Cerdas yang dikembangkan
Toyota
Beberapa
waktu yang lalu Saya berkesempatan mencoba model sistem transportasi cerdas
yang dikembangkan Toyota Corp di Toyota City, Nagoya Jepang. Model sistem
transportasi cerdas yang dikembangkan di Toyota terkait dengan model mobil yang
dilengkapi dengan Emergency vehicle
notification systems, penentuan koordinat
jalan melalui GPS, pemilihan rute jalan terdekat, pemilihan rute jalan yang
tidak macet dll.
Mencoba
aplikasi sistem transportasi cerdas
Sumber : https://kitarespect.wordpress.com/iptek/pemanfaatan-teknologi-dibidang-transportasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar