Jumat, 16 Desember 2016

Tugas Softskill ke-3 Teknologi Sistem Cerdas

Pengertian Sistem Transportasi Cerdas

Sistem Transportasi Cerdas (Intelligent Transport System) adalah aplikasi canggih yang bertujuan untuk menyediakan layanan inovatif berkaitan dengan berbagai mode transportasi dan manajemen lalu lintas sehingga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih baik, lebih aman, lebih terkoordinasi, dan “pintar” dalam memilih jaringan transportasi.
Berbagai jenis teknologi digunakan untuk menciptakan sistem transportasi cerdas ini, antara lain : komunikasi nirkabel, teknologi komputasi, floating car data/floating cellular data, sensing technology, inductive loop detection, video vehicle detection, Bluetooth detection.

Aplikasi Sistem Transportasi Cerdas
Emergency vehicle notification systems
e-Call di dalam kendaraan adalah panggilan darurat yang dihasilkan secara manual oleh penghuni kendaraan atau secara otomatis melalui aktivasi di dalam sensor kendaraan  setelah terjadi kecelakaan. Ketika diaktifkan, perangkat e-Call di dalam kendaraan akan melakukan panggilan darurat membawa suara dan data secara langsung call center panggilan darurat terdekat (112). Panggilan suara memungkinkan penghuni kendaraan untuk berkomunikasi dengan operator e-Call terlatih. Pada saat yang sama, satu set minimal data akan dikirim ke operator e-Call menerima panggilan suara.

Automatic road enforcement
Automatic road enforcement  merupakan penegakan aturan lalu lintas menggunakan sistem kamera. Sistem ini terdiri dari kamera dan perangkat monitor pemantau kendaraan. Kamera digunakan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas misalnya melewati batas kecepatan maksimum  dan penerobosan lampu merah misalnya, maka pelanggar akan mendapatkan tiket pelanggaran dengan melalukan identifikasi plat nomer pelanggar. Bukti ini kemudian akan dikirim ke alamat pelanggar untuk dimintai denda terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukannya.
Variable speed limits
Baru-baru ini beberapa beberapa negara mencoba memberikan batasa kecepatan yang di tetapkan berubah karena kemacetan jalan dan faktor lainnya. Biasanya batas kecepatan tersebut hanya berubah secara menurun selama kondisi macet. Namun tidak dibarengi dengan peningkatan kecepatan disaat lengang. Dengan memberikan batas kecepatan yang bervariasi dan bergantung pada kondisi jalan hasil awal percobaan ini menunjukkan penghematan waktu perjalanan, lalu lintas yang lancar, dan penurunan jumlah kecelakaan, sehingga pelaksanaannya dibuat permanen pada tahun 1997 di Inggris.

Dynamic Traffic Light Sequence
Lampu lalu lintas dimasa yang akan datang akan disesuaiakan dengan padatnya kendaraan yang mengantri. Dengan  menerapkan sistem control RFID lama menyala lampy merah dan hijau dapat disesuikan dengan keadaaan. Jika arus lalu lintas padat maka lama menyala lampu merah pun akan berkurang demikian sebaliknya lampu hijau, sehingga penyetelan lama nyala lampu merah tidak permanen, namun bersifat dinamis menyesuaiakan kepadatan kendaraan.

Mencoba model Sistem Transportasi Cerdas yang dikembangkan Toyota
Beberapa waktu yang lalu Saya berkesempatan mencoba model sistem transportasi cerdas yang dikembangkan Toyota Corp di Toyota City, Nagoya Jepang. Model sistem transportasi cerdas yang dikembangkan di Toyota terkait dengan model mobil yang dilengkapi dengan Emergency vehicle notification systems, penentuan koordinat jalan melalui GPS, pemilihan rute jalan terdekat, pemilihan rute jalan yang tidak macet dll.
Mencoba aplikasi sistem transportasi cerdas


Sumber : https://kitarespect.wordpress.com/iptek/pemanfaatan-teknologi-dibidang-transportasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar